No | Aspek | Capaian Pembelajaran | |
1 | Sikap | 1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; | ||
3 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | ||
4 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila; | ||
5 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
6 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | ||
7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
8 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; | ||
9 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | ||
10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | ||
2 | Keterampilan Umum | 1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | ||
3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi dan menggunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | ||
4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | ||
5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | ||
6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaga; | ||
7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; | ||
8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; | ||
9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | ||
3 | Keterampilan Khusus | 1 | Memiliki motivasi mandiri untuk selalu mengikuti perkembangan keilmuan biologi dan pembelajarannya secara sinambung sebagai dasar keilmuan untuk profesinya; |
2 | Memiliki kemampuan merencanakan, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan pendekatan siswa aktif dengan memanfaatkan sumber, media dan potensi lingkungan setempat sesuai dan tuntutan kurikulum sekolah dalam kerangka TPCK (Technological Pedadogical Content Knowledge) atau SSP (Subject Specifik Pedagogy) sesuai dengan standar mutu yang berlaku; | ||
3 | Mampu melakukan perbaikan proses pembelajaran biologi yang dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (action research); | ||
4 | Mampu mengaplikasikan metoda pembelajaran biologi yang telah dikembangkan secara inovatif; | ||
5 | Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran; | ||
6 | Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan biologi; | ||
7 | Memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil-hasil/luaran/produk yang dihasilkan dalam bidang yang berkaitan dengan pendidikan biologi dan pembelajaran biologi menggunakan bahasa Inggris; | ||
8 | Mampu mengembangkan strategi, model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian melalui prinsip-prinsip Multikultural Learning untuk kepentingan pembelajaran; | ||
9 | Mampu memecahkan permasalahan dalam pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan teknolog; | ||
10 | Mampu menerapkan konsep biologi dan teknologi pendidikan dalam mengembangkan produk-produk lokal yang berhubungan dengan biologi. | ||
4 | Penguasaan Pengetahuan | 1 | Menguasai teori konsep, prinsipdan prosedur dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai dengan perkembangan keilmuan dan pembelajarannya di sekolah; |
2 | Menguasai konsep, prinsip dan teori pedagogi andragogi, dan didaktikal biologi(terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy); | ||
3 | Menguasai teori, konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai tuntutan zaman; | ||
4 | Menguasai teori, konsep, prinsip, dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya; | ||
5 | Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan; | ||
6 | Menguasai perkembangan isu terkini terkait dengan kebijakan pendidikan, implementasi dan implikasinya; | ||
7 | Menguasai konsep dasar di bidang penelitian biologi dan pendidikan biologi; | ||
8 | Menguasai strategi, model dan media melalui prinsip-prinsip Multikultural Learning untuk mendukung pembelajaran biologi; | ||
9 | Menguasai konsep dasar di bidang penelitian pendidikan biologi berbasis kearifan dan potensi lokal; | ||
10 | Menguasai konsep-konsep biologi untuk mengembangkan produk-produk lokal sehingga memiliki nilai ekonomis. |